Warna Langit ? Ini jawabannya

Mengapa Tampilan Langit Siang Hari Biru dan Malam Hari Gelap ?

Apa warna langit? biru atau gelap?

Ini tentu yang dimaksud tampilan langit. Pada dasarnya langit itu bisa dikatakan berwarna hitam, bukan biru apakah itu siang atau malam hari. Hal ini karena ruang angkasa yang gelap dan tidak berwarna. Ruang angkasa gelap, karena ruang (angkasa) hanyalah meneruskan cahaya, bukan menyerap lalu memantulkan, sehingga gelap, tidak terlihat apa-apa (kosong).

Karena sinar matahari tersebar oleh partikel-partikel aerosol (koloid) di atmosfer, maka oleh kita di permukaan bumi, langit akan tampak secara umum berwarna biru. Peristiwa penyebaran ini dikenal dengan istilah penyebaran Rayleigh(Rayleigh Scattering).

Demikian juga pada malam hari akan berwarna biru, karena sinar yang diterima bumi juga adalah sinar matahari yang sama, hasil pantulan bulan. Karena sinar ini adalah sama, maka seharusnya malam hari pun langit berwarna biru. Dan memang langit malam berwarna biru. Hal ini bisa dibuktikan pada kondisi ketika tidak ada sumber cahaya pengganggu (rendah polusi cahaya), yang mana langit akan terlihat kebiruan. 

Walaupun langit malam juga biru, kita tidak dapat melihatnya dikarenakan level cahayanya yang rendah. Hal ini lebih karena batas kemampuan mata kita untuk melihat warna. Akibatnya kita melihat dan mempersepsikan langit malam berwarna hitam.

Referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Rayleigh_scattering

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK INI: