Ampah, letak dan peta nya

         (((Foto ampah)))
Di manakah foto dibawah ini di ambil ? yups …….. benar sekali, AMPAH Kalimantan Tengah. Atau yang sering disebut Kota Ampah atau Ampah Kota ( walau sebenarnya adalah Ampah Kota ).
Oke sobat blogger,tanpa basa basi lagi akan saya coba jelaskan sedikit tentang ampah :

Ampah atau yang sering disebut ampah kota adalah ibukota kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. berjarak kurang lebih 300 km dari Kota Banjarmasin dan 49 km dari Tamiang Layang (kabupatennya ampah). Nama-nama desa yang masuk ke Ampah kota adalah : Ampah Dua · Muara Awang · Netampin · Putai · Rodok · Saing · Sumber Garunggung

untuk mencapai Ampah ada 3 alternatif jalan darat yang bisa anda tempuh yakni lewat :
1.Banjarmasin - ampah : jalan negara yang cukup ramai dan menjadi pilihan pertama transportasi.
2.Palangkaraya - ampah : jalan negara yang di khususkan untuk menghubungkan jalur palangka - buntok - ampah - muarateweh - purukcahu, keadaannya cukup bagus namun agak sepi. jadi Be careful ya . . . !
3.berau - muarateweh - ampah : jalan rintisan bekas holling Kayu yang saat ini masih rusak parah dan SANGAAAAAT SEPI. kemungkinan dapat ditempuh dalam waktu 16 jam dari berau jika cuaca cerah pada musim kemarau.

beberapa perusahaan (contohnya perusahaan telekomunikasi dan pembiayaan kredit) mengelompokkan ampah adalah anak cabang dari cabang besarnya di kalimantan selatan (contohnya barabai, tanjung, dan amuntai) dikarenakan jarak ampah ke kalsel lebih dekat dan mudah.



gambar satelit ini adalah  foto ampah yang kami snip dari google earth. sudah diusahakan diatur sejelas-jelasnya dan hanya mendapatkan gambar itu. maklum ampah masih belum begitu dikenal tim google earth (kira-kira). tapi lumayan cukuplah untuk sekedar mengobati penasaran dan keingintahuan kita.




sejarah ampah
kenapa dinamakan ampah ? apa artinya ? yups pertanyaan yang sangat bagus tapi kemungkinan masih banyak yang belum tepat menjawabnya.
aku pernah dengar, nama ampah berasal dari kata S"AMPAH" berupa kayu - kayu dari sungai yang tertahan dan menumpuk di wilayah tersebut.

konon ceritanya dahulu kala ( tahun XXXX ) di daerah ini pernah terjadi banjir besar yang menggenangi hampir semua wilayah. coba anda selidiki apakah ampah merupakan dataran rendah/ tinggi ? pasti dataran rendah kan. posisinya persis dibelah sebuah sungai yang bernama sungai karau/ paku karau. makanya karena posisi dekat sungai dan merupakan dataran rendah, pada saat air bah datang langsung menggenangi hampir seluruh wilayah.
tidak hanya itu, material bawaan dari sungai berupa batang pohon, ranting, daun, akar, dan apa aja yang terbawa air sungai langsung tertahan di daerah ini serta juga memenuhi hampir seluruh wilayah.
   
dari uraian di atas sudah pasti kita bisa menyimpulkan apa arti AMPAH kan ? kalau belum, ini jawabannya :
ampah adalah hamparan hanyutan sungai berupa batang pohon, ranting, daun, akar, dll yang menyebar dan menutupi ke hampir seluruh wilayah.
lalu.... kemana ya mengungsinya penduduk waktu itu ? tepat sekali, ke pirunduk. kenapa kesana ? karena pirunduk merupakan dataran tinggi yang waktu itu tidak terimbas air bah. sekarang desa pirunduk berganti nama menjadi RODOK.
catatan : mungkin setiap sumber mempunyai cerita yang berbeda. uraian di atas berasal dari : datu "utuh Halu" turun ke kai "ramli" turun ke mama "mawarni" turun ke anaknya= "musleh". heeeee he he. . . . kok saya ya. datu "utuh Halu" adalah suku lawangan asli ampah. maaf ya kalau cerita itu berbeda pendapat dengan anda. maeh-maeh tu u.

statistik Ampah Kota
jumlah penduduk :
luas wilayah :
suku yang bermukim :

Geografi Ampah Kota



tempat dan bangunan bersejarah Ampah Kota
jembatan belanda :

tempat dan bangunan bersejarah terdekat Ampah Kota
lapangan terbang jepang :
tiang bendera belanda :
kuburan 7 kilan dada :

perekonomian Ampah Kota

agropolitan Ampah kota

wisata Ampah
bendungan tabla :
bendungan batu putih :
talang :

Wisata terdekat dari Ampah kota
bendungan tampa :
danau sanggu :
puncak lenggang :
puncak rahan :

koleksi foto Ampah Kota

mesjid ampah @ditya21cool

gedung serbaguna @jokombc

talohen @hairullah

kantor kelurahan @wikipedia

terminal @wikipedia
pasar ampah @adelia febriyanti

BAGI SOBAT YANG INGIN MENAMBAHKAN TULISAN, FOTO, DLL TENTANG AMPAH  SILAHKAN MASUKKAN KE KOLOM KOMENTAR. BILA MEMANG RELEVAN DAN SESUAI AKAN LANGSUNG KAMI PUBLIKASIKAN BESERTA NAMA ANDA


khusus anda yang berlokasi di wilayah kalsel dan kalteng dan mau cari barang seken tapi kualitas bagus, SILAHKAN ANDA KLIK DI SINI

mau jualan pulsa ? atau mau jadi Master Dealer Pulsa All Operator ? klik DISINI